LA.1.3








1. Hardware[kembali]





2. Rangkaian Simulasi [kembali]



3. Flowchart [kembali]






4. Listing Program [kembali]

#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD 
#include <Keypad.h>          //Deklarasi library keypad 

const byte ROWS = 4;         //Deklarasi jumlah baris 
const byte COLS = 4;           //Deklarasi jumlah kolom 
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},   
{'4', '5', '6','b'},                         //Inisialisasi keypad matriks 4x3   
{'7', '8', '9','c'},   
{'*', '0', '#','d'} 
}; 

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};   //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom 

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan 
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); 
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); 

void setup() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali   // Set baris dan kolom LCD  
 lcd.begin(20, 4);   
lcd.setCursor(1, 2);   
lcd.setCursor(4, 3);   
lcd.setCursor(0, 0); } 

void loop() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang   char key = keypad.getKey();       //Membaca keypad 


  if (key) {                                     //Kondisi pilihan jika keypad ditekan     lcd.print(key);                           //Menampilkan input dari keypad pada LCD   } } 



5. Video Percobaan [kembali]






6. Analisis [kembali]



LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD yang digunakan adalah jenis 16x2. Artinya ada 16 kolom dan 2 baris dengan jumlah 32 karakter. Pada rangkaian ini digunakan LCD untuk menampilkan output dari keypad yang kita inputkan menggunakan sistem kontrol dari arduino.

Kaki analog dari arduino dihubungkan ke LCD, sedangkan kaki keypad dihubungkan ke digital i/o arduino. Arduino akan diprogram untuk memerintahkan LCD agar menampilkan karakter yang kita inputkan di Keypad. Pada percobaan ini digunakan keypad 4x3, dengan inputan angka 0,1,2,3,4,5,7,8,9 dan karakter *,#. Saat kita inputkan angka/karakter datanya akan dibaca oleh arduino, lalu diproses dan arduino akan memberikan informasi keluaran pada LCD untuk menampilkan karakter yang diinputkan. Untuk menyatakan LCD yang digunakan lcd.begin(16, 2), artinya LCD yang digunakan adalah jenis 16x2. Lalu lcd.setCursor(1, 2) digunakan untuk menentukan titik awal mula keluarannya, serta if (key) artinya setiap karakter yang kita inputkan pada keypad akan diproses untuk dikirim pada arduino. Karakter yang ditampilkan akan terus diulang dan dapat direset dengan menekan tombol reset pada arduino.


7. Link Download [kembali]

HTML: disini
Video: disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar